67 TAHUN LVRI

67 TAHUN LVRI


Tanggal 2 Januari 2024 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

LVRI adalah organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Keberadaan mereka diatur dalam Undang-Undang No. 15 Tahun 2012.

Melalui UU tersebut dikatakan bahwa negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Veteran merupakan warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 
Melansir situs resmi LVRI, tanggal 2 Januari diambil dari tangal selesainya kongres pertama yang diadakan dari tanggal 22 Desember 1956 sampai 2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta.

Kongres ini dihadiri oleh 2300 Veteran dari seluruh Indonesia, mewakili lebih dari sejuta Veteran yang aktif bertempur di seluruh wilayah Indonesia memperjuangkan Kemerdekaan RI antara tahun 1945-1949.

LVRI secara resmi terbentuk pada tanggal 2 April 1957 melalui Keputusan Presiden RI No. 103 tahun 1957 Tentang "Legiun Veteran". Dalam Keppres tersebut menetapkan terhitung mulai 1 Januari 1957 mengesahkan pembentukan Legiun Veteran Republik Indonesia.

Ketika membantu Majalah Veteran sebagai " Redaktur Pelaksana," saya menulis tentang:  LVRI di usia 54 Tahun :

Postingan populer dari blog ini

Sepenggal Perjalanan Hidup

Hari Ini 23 Juli 2024, 79 Tahun Ibu Sasmiyarsi Sasmoyo (Ibu Mimis Aristides Katoppo)

SENGKETA PWI, APA TIDAK MUNGKIN DISELESAIKAN KARENA ADA DUGAAN UNSUR "KORUPSI" ?